Cutting Edge Bulldozer

Cutting Edge  Bulldozer

used heavy equipment dealers

8 Tips Memilih Barang di Used Heavy Equipment Dealers

Used heavy equipment dealers atau dealer alat berat bekas merupakan julukan yang tepat untuk anda yang ingin mendapatkan alat berat dengan harga terjangkau.

Namanya barang bekas tentu tidak sama dengan barang baru. Alat-alat berat bekas seperti halnya kendaraan bermotor lain, perlu perhatian lebih dalam memilih alat-alat yang tersedia di dealer  tersebut. Jika beruntung, anda bisa mendapatkan barang-barang yang murah, namun berkualitas tinggi.

Di tempat ini anda bisa menemukan bermacam kebutuhan alat berat seperti backhoe, excavator, dump truck, hingga suku cadang kendaraan berat seperti case backhoe hydraulic.

Agar anda tidak salah pilih dan kecewa karena banyak kendala setelah pembelian alat berat bekas, berikut ini 8 tips yang bisa anda lakukan sebelum membayar barang tersebut :

1.Perhatikan Usia Mesin

Usia mesin atau alat berat bisa menjadi salah satu pertanda awal untuk melakukan pengecekan pada alat berat yang anda lirik. Usia mesin berbeda dengan jam operasional, kendati pada umumnya semakin lama usia mesin, makin tinggi pula jam operasionalnya.

-mesin tua mungkin terkenal tangguh, namun perlu anda perhatikan pula bahwa banyak mesin baru yang dijejali dengan teknologi yang lebih baru pula. Pertimbangakan hal ini, terutama dari segi efisiensi penggunaan sumber energi serta kualitas masing-masing bagiannya seperti Fuel pump sender assembly

2.Perhatikan Kondisi Cairan di Dalam Mesin

Sebuah mesin alat berat tentu memiliki banyak sekali bagian yang membutuhkan aneka ragam cairan untuk mendukung pergerakannya. Kondisi cairan di setiap bagian ini nantinya akan sangat berpengaruh pada kinerja peralatan yang akan anda beli.

Adapun macam-macam cairan yang perlu anda perhatikan saat memilih alat berat bekas antara lain kondisi oli mesin yang berguna untuk melumasi pergerakan mesin. Ada pula cairan pendingin mesin yang bermanfaat untuk menjaga performa mesin dan menahan panas berlebih. 

Jangan lewatkan pula memerhatikan cairan hidaraulik bila anda membeli peralatan atau suku cadang hidraulik seperti Hydraulic seals and supplies. Kondisi cairan hidraulik haruslah dalam kondisi penuh, seimbang, dan bersih.

Beberapa bagian ini juga memiliki indikator tersendiri yang memberikan peringatan bila kondisi cairan di dalamnya tidak cukup baik untuk digunakan.

Perhatikan pula bagian oli mesin, bila anda menemukan adanya air tercampur di bagian tersebut, hal ini  bisa jadi indikasi kerusakan serius pada bagian sekitar mesin. Bila air ditemukan pada penampung bahan bakar, bisa jadi masalah tersebut muncul akibat adanya kerusakan pada Top fuel fuel pump.

3.Pastikan Adanya Catatan Perawatan

Catatan perawatan adalah bukti penting yang berguna untuk menunjukan apa saja yang pernah terjadi pada peralatan tersebut. Catatan perawatan, seperti halnya mobil pribadi, wajib diisi dengan data-data yang lengkap mulai dari tanggal perawatan, tindakan perawatan, hingga pergantian dan penyebab pergantian suku cadang tertentu.

Keberadaan catatan ini juga bisa memberikan informasi seberapa sering peralatan tersebut membutuhkan perawatan. Anda juga bisa melihat bagaimana jam kerja yang telah telah dilewati oleh alat tersebut.

Misalnya anda hendak mencari Excavation equipment for sale, maka tentu anda harus melihat catatan perawatan excavator yang anda lirik. Dari situ anda bisa melihat apakah ada kendala laten yang selalu dialami oleh backhoe atau bor dari alat tersebut. Anda juga bisa melihat bagian mana saja yang paling cepat aus dan membutuhkan perawatan lebih. 

4.Perhatikan tanda-tanda Keausan

Keausan bisa terjadi pada bagian mesin, bagian luar kendaraan, ataupun sendi-sendi penggerak alat berat ataupun suku cadangnya. Beberapa tanda yang bisa dilihat secara kasat mata adalah adanya karat pada beberapa komponen. Karat menjadi bukti bahwa lapisan pelindung komponen telah menghilang dan menciptakan korosi.

Bila anda berkesempatan memeriksa bagian mesin seperti Fuel pump module assembly, anda bisa memerhatikan ada tidaknya goresan-goresan berbentuk seperti rambut. Goresan semacam ini menjadi pertanda adanya gesekan mesin yang cukup keras dan membuat keausan pada mesin.

Bagian luar yang perlu anda perhatikan pada alat berat adalah bagian ban atau undercarriage sebagai media perpindahan alat. Bagian ini juga membutuhkan perhatian khusus karena tidak hanya berfungsi untuk menggerakan, namun juga menjadi tumpuan beban dari alat berat tersebut.

Perhatikan masing-masing bagian seperti ulir bar, ketebalan, maupun kaki-kaki penyangganya. Jika nantinya anda perlu mengganti bagian-bagian yang dirasa aus, tentu anda harus mengeluarkan uang lebih. Hal ini pula yang bisa menjadi poin anda untuk menawar harga yang ditawarkan oleh dealer.

5.Knalpot dan Gas Buang

Asap knalpot bisa menjadi salah satu pertanda serius untuk mengevaluasi kondisi mesin. Misalnya saja knalpot mengeluarkan gas buang berwarna hitam pekat, bisa jadi hal ini mengindikasikan adanya masalah pada filter udara.

Sementara bila asap berwarna putih sering muncul, bisa jadi adanya kebocoran cairan di sekitar area pembakaran. Bisa berupa bahan bakar yang merembes dari fuel pump housing assembly atau masalah kompresi mesin. 

Bila asap yang muncul berwarna kebiruan, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa suhu mesin terlalu panas sehingga membakar minyak pelumas di dalamnya. Hal ini bisa disebabkan oleh kebocoran cincin ataupun segel di sekitar saluran oli. 

6.Pastikan Merek dan Kualitas Barang

Ada banyak merek atau brand dari alat berat yang anda inginkan. Beberapa merek memang telah dikenal karena mesinnya yang bandel atau kualitas perakitannya yang presisi.

Hal inilah yang sering menjadi pertimbangan dalam membeli alat berat atau suku cadang bekas. Merek yang sudah terkenal dan secara umum sudah teruji tentu lebih banyak diincar. Hal ini nantinya juga berkaitan dengan kemudahan anda dalam mencari suku cadang.

Misalnya anda harus mengganti pompa bahan bakar. Brand terkenal dan mudah ditemukan di pasaran tentunya jauh lebih bisa dipercaya kendati Fuel pump assembly price ori lebih tinggi dibandingkan dengan brand non-ori yang belum teruji betul kualitasnya. 

7.Pastikan Adanya Garansi 

Setiap Used heavy equipment dealers tentu akan memberikan garansi  purna jual untuk setiap alat berat atau suku cadang yang anda beli. Lamanya garansi biasanya tergantung dari kondisi alat tersebut berdasarkan pengecekan yang telah dilakukan pihak dealer.

Namun anda tetap wajib memastikan adanya garansi ini. Hal ini sangat penting, terutama bila muncul kendala tidak lama setelah anda membelinya. 

Memastikan ada tidaknya garansi juga memberikan anda keamanan secara finansial. Akan lebih baik bila anda dan pihak dealer menuangkan perjanjian garansi di atas kertas agar menjadi bukti sah bila mana terjadi hal yang tidak anda inginkan.

Bukti ini juga memudahkan anda ketika melakukan klaim garansi tersebut misal terjadi kerusakan pada Excavation equipment for sale yang anda beli. 

8.Lakukan Pengetesan Sebelum Membeli

Hal terpenting sebelum anda membeli alat berat ataupun suku cadang alat berat adalah melakukan pengetesan atau pengujian. Pengujian ini dapat memberikan anda gambaran secara menyeluruh ketika alat tersebut dioperasikan.

Selain itu bila anda membeli suku cadang seperti Pump and motor assembly, anda bisa memastikan bahwa alat yang ada beli di used heavy equipment dealers bekerja dengan normal sebelum anda pasang pada alat berat anda .

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonORDER NOW HERE
Shares