Motor Gas Governor Motor Komatsu

Motor GasGovernor Motor Komatsu

engine speed control governor

Mengenal Fungsi Engine Speed Control Governor

Engine speed control governor merupakan salah satu komponen penting dalam mesin diesel, terutama dalam mempertahankan spesifikasi dari output genset yang harus dihasilkan. Sebagai bagian dari heavy duty construction equipment, mesin harus berputar dengan benar – perputaran yang tidak benar dibutuhkan dalam memenuhi spesifikasi output genset yang diperlukan.

Jenis Speed Control Governor

Speed control sendiri merupakan istilah lain yang digunakan untuk menyebut governor, yaitu salah satu komponen terpenting yang terdapat pada mesin genset. Nah, fungsi utama dari governor ini berkaitan dengan kecepatan perputaran mesin genset seperti yang sudah disinggung di atas. 

Pasalnya, perputaran mesin juga berkaitan dengan penyaluran dan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) berupa diesel yang dibutuhkan dalam pengoperasian mesin diesel pada generator. Penyaluran BBM perlu dilakukan sesuai dengan beban mesin.

Dengan demikian, generator pun akhirnya mampu menghasilkan output yang dibutuhkan oleh pengguna, terlepas dari untuk apa penggunaannya – kebutuhan rumah tangga, industri kecil dan rumahan, dan sebagainya.

Secara garis besar, ada dua jenis speed control yang bisa ditemukan di pasaran, yaitu engine speed control governor atau speed control mekanis, dan speed control electronic. Apa perbedaan di antara kedua jenis tersebut? Untuk memperdalam pemahaman Anda, simak penjelasan ringkasnya berikut ini, yuk!

Speed Control Mekanis

Pada mesin generator yang lebih tua, sistem kontrol ini lebih umum digunakan. Sistem kontrol mekanis sendiri memang merupakan jenis yang pertama kali diperkenalkan di pasaran oleh para produsen generator.

Di sini, fungsi kontrol mesin mekanis akan dihubungkan dengan beban generator yang dibutuhkan. Salah satu contoh yang paling umum dari sistem kontrol mekanis adalah speed control Woodward, di mana kecepatan mesin dikendalikan lewat kendali kecepatan sentrifugal, dan sistem mendapatkan sinyal masukan analog dari pengontrol. 

Karena itu, speed control mekanis juga sering dikenal dengan nama speed control analog. Terlebih, pengaturan sistem sepenuhnya dilakukan dengan menggunakan sekrup penyesuaian, yang diposisikan ke arah tertentu untuk menyesuaikan pengaturan yang dibutuhkan pengguna.

engine speed control governor
Speed Control Elektronik

Sementara itu, pada mesin generator yang lebih baru dan lebih modern, speed control elektronik adalah jenis yang paling umum digunakan. Dalam pengaplikasiannya, sistem speed control elektronik digunakan untuk menghubungkan serta mengontrol fungsi kendali mesin serta generator dalam menyediakan sumber daya yang dibutuhkan pengguna.

Seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, desain dan produksi generator jadi semakin modern, terutama dengan munculnya teknologi digital. Bahkan, saat ini penggunaan sinyal analog dan digital telah mengaplikasikan ECM.

Dengan begitu, interface atau tampilan muka antara ECM dengan fungsi mesin generator menjadi lebih modern, baru, inovatif, dan bahkan efisien. Nah, itulah sekilas ulasan tentang engine speed control governor serta perbedaannya dengan speed control elektronik. Semoga bermanfaat!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonORDER NOW HERE
Shares