Spocket for Excavator

Spocket for Excavator

Heavy Duty Construction Equipment

Mengenal Heavy Duty Construction Equipment Dan Beberapa Bagiannya.

Apakah Anda sudah mengenal jenis-jenis heavy duty construction equipment atau alat berat?

Alat berat adalah alat yang sering digunakan dalam proyek konstruksi untuk memudahkan pekerjaan manusia. Alat berat adalah faktor yang penting dalam sebuah pekerjaan pembangunan. Tanpa alat berat, hasil yang diinginkan tidak akan bisa dicapai dalam waktu yang singkat.

Dalam artikel ini akan dibahas jenis-jenis alat berat. Dibahas juga beberapa komponennya yang penting, seperti fuel pump, hydraulic pump, dan governor. Selamat membaca.

Jenis-jenis Alat Berat

Machines used in construction – Ada beberapa jenis mesin yang digunakan dalam konstruksi. Kebanyakan menggunakan mesin diesel untuk menggerakkannya. Namun, semuanya memiliki kegunaannya sendiri-sendiri. Berikut jenis-jenis alat berat.

1. Bulldozer

Bulldozer biasanya digunakan untuk mengolah lahan. Mesin ini digunakan untuk mendorong tanah secara lurus, baik ke arah depan maupun ke samping. Untuk di tanah berawa jenis yang digunakan adalah swamp bulldozer.

Ada dua jenis bulldozer pada umumnya. Crawler tractor dozer yang menggunakan roda kelabang dan wheel tractor dozer yang memakai roda karet.Bulldozer memiliki kekurangan, yaitu jarak tempuh yang terlalu pendek. Tetapi, mesin ini bisa menahan beban yang berat.

2. Wheel Loader Dan Track Loader

Wheel loader dan track loader memiliki kegunaan yang mirip dengan bulldozer, yaitu untuk memindahkan material. Jarak pendek kedua alat ini lebih pendek dibandingkan truk biasa.

3. Pneumatic Tire Roller

Mesin ini digunakan untuk pekerjaan penggilasan. Biasanya untuk penggilasan bahan granular dan juga lapisan hot mix.

4. Motor Scraper

Kegunaannya adalah memotong lereng tanggul atau bendungan dan meratakan jalan. Juga digunakan untuk menggali tanah di antara struktur beton. Motor scraper memiliki kemampuan menggali permukaan tanah sampai dalam. Tetapi, hanya bisa digunakan untuk jarak dekat saja.

5. Motor Grader

Motor grader adalah mesin untuk meratakan pembukaan tanah. Juga digunakan untuk mengurug dan mencampur tanah serta meratakan tanggul dan lain-lainnya.

6. Asphalt Finisher

Alat berat ini digunakan untuk menghamparkan campuran aspal. Seperti bulldozer, mempunyai dua jenis yaitu dengan roda kelabang dan roda karet.

7. Mobile Crane

Mobile crane digunakan untuk mengangkut material. Keunggulannya adalah bisa berpindah tempat dengan mudah.

8. Excavator

Excavator adalah alat yang digunakan untuk menggali tanah dan mengangkut material ke dalam truk. Namun, tidak bisa digunakan untuk jarak jauh

Kontrol dasar excavator

How to operate excavator machine: Kontrol dasar excavator menggunakan empat tuas utama.Tuas di sebelah kanan untuk mengoperasikan bucket dan boom dan yang di sebelah kiri untuk menggerakkan badan excavator dan arm.

Selain itu ada pengungkit lock atau shut off lever yang berada di bagian bawah luar kursi kabin. Komponen ini digunakan untuk mengunci tuas excavator.

Terakhir, ada tuas pedal track kanan dan kiri yang terletak di depan kaki operator saat duduk di kabin. Gunanya untuk mengganti arah gerak excavator.

heavy duty construction equipment
Komponen Alat Berat

Selain jenis-jenis alat berat, juga penting untuk mengenal bagian-bagiannya. Berikut adalah beberapa komponen alat berat yang perlu Anda ketahui.

1. Fuel Pump

Fuel pump adalah pompa bahan bakar. Bagian ini digunakan untuk menyalurkan bahan bakar dari tangki penyimpanan ke arah sistem bahan bakar, baik karburator maupun injektor. Kemudian injektor akan menyalurkan bahan bakar ke ruang bakar.

Di atas adalah gambar complete fuel pump assembly pada mesin diesel yang digunakan alat berat. Pompa atau pump terhubung kepada tank atau tangki.

Ada beberapa fuel pump assembly parts yang sangat penting. Contohnya pada pump terdapat komponen pressure regulator untuk menjaga supaya tekanan bahan bakar tetap stabil.Karena itu, Anda harus mengenali baik-baik semua part dari fuel pump. Gunakanlah fuel pump assembly kit yang berkualitas.

2. Pompa Hidrolik

Prinsip kerja hydraulic pump atau pompa hidrolik adalah mengubah energi mekanik menjadi energi hidrolik. Sumber energi berasal dari motor elektrik, mesin, atau lain-lain.

Pompa hidrolik memiliki kegunaan untuk menggerakkan sistem hidrolik mesin. Sistem hidrolik menggunakan cairan hidrolik yang dialirkan melalui pipa atau selang untuk meneruskan daya. Pompa hidrolik memasok sistem ini dengan aliran oli untuk mengoperasikan sirkuit dari sistem.

Types of hydraulic pumps: Ada beberapa tipe pompa hidrolik yang umum digunakan dalam sebuah sistem hidrolik. Yang paling banyak digunakan adalah gear type hydraulic pump atau pompa hidrolik roda gigi.

Tipe gear pump memiliki daya tahan tinggi sehingga paling umum digunakan dalam sistem hidrolik.Pompa hidrolik roda gigi memiliki dua roda gigi yang berputar. Putaran inilah yang menghasilkan energi. Daya hisap yang ditimbulkan dari gerakan berputar itu menggerakkan cairan hidrolik yaitu oli.

Daya hisap menangkap fluida di antara celah roda gigi dan rumah pompa. Kemudian oli diteruskan untuk mencapai saluran tekan atau outlet. Setelah itu, oli akan disalurkan ke sistem hidrolik menggunakan tekanan tinggi.

Di atas adalah komponen-komponen gear pump. Gunakanlah spare parts yang berkualitas agar gear pump Anda bisa beroperasi dengan optimal. Carilah hydraulic seal kits suppliers yang terpercaya dan bergaransi.

3. Engine Speed Control Governor

Motor GasGovernor Motor Komatsu
Motor Gas Governor Motor Komatsu

Governor adalah seperangkat komponen mesin diesel. Gunanya untuk mengontrol kecepatan putaran mesin supaya seimbang. Governor juga mengatur output daya. Prinsip kerja governor sesuai asas sentrifugal.

Di atas adalah komponen yang terdapat pada governor. Komponen-komponen ini bekerja untuk mengatur kecepatan putaran mesin. Governor memiliki 3 fungsi pengontrol kecepatan.

Yang pertama low speed control function atau putaran mesin saat posisi idle. Sedangkan high speed control function menjaga pada kecepatan maksimum mesin. Ada juga intermediate speed control function untuk mengontrol kecepatan mesin yang disesuaikan dengan beban mesin.

4. Pompa Hidram

Jika pompa hidrolik digerakkan oleh mesin, pompa hidram atau hydraulic ram adalah pompa air yang digerakkan tenaga air itu sendiri.

Pompa Hidram sumur dalam

Pompa hidram bukan komponen alat berat. Tetapi, pompa ini penting diketahui oleh Anda yang bekerja dengan heavy duty construction equipment karena sering digunakan dalam konstruksi terutama di daerah terpencil atau saat ada sumber air yang dalam.Dari sumber air, air mengalir masuk ke dalam badan pompa hidram melalui saringan dan pipa drive.

Saat badan pompa penuh, fluida mendorong katup delivery dan masuk ke dalam air chamber. Jika ketinggian cairan dalam chamber di atas kedudukan check valve, tekanan udara menekan katup sehingga air mengalir ke arah pipa delivery. Hal ini menyebabkan waste valve terbuka dan sisa air mengalir kembali ke sumber air. Sedangkan air kembali masuk ke badan pompa. 

Supaya pompa hidram dapat beroperasi dengan baik, pilihlah hydraulic ram seal kit dan spare part lain yang berkualitas. Demikianlah jenis-jenis heavy duty construction equipment dan beberapa komponen yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonORDER NOW HERE
Shares