Yoke Idler Kobelco SK330-8

Yoke Idler Kobelco SK330-8

machines used in construction

Machines Used in Construction Mesin Diesel

Agar mesin diesel dapat berfungsi secara efisien, maksimal, dan tepat, tentunya seluruh komponen machines used in construction harus ada. Kalau begitu, apa saja ya jenis-jenis komponen mesin di dalam konstruksi mesin diesel, yang paling umum digunakan dalam berbagai jenis heavy duty construction equipment? Berikut ini adalah daftar dan penjelasan ringkasnya. Selamat membaca!

Cylinder Block dan Cylinder Liner

Komponen mesin cylinder block terbuat dari besi tuang dan memiliki fungsi sebagai dudukan bagi berbagai komponen mesin. Di samping itu, cylinder block memiliki water jacket dengan fungsi untuk mengalirkan air pendingin. Sementara itu, cylinder liner merupakan silinder yang bisa dilepas-pasang dan terdiri atas dua jenis, yaitu tipe kering dan tipe basah.

Cylinder Head

Lantaran perbandingan kompresi yang lebih tinggi, mesin diesel punya ruang bakar yang lebih kecil dan konstruksi yang lebih rumit dibandingkan mesin bensin.

Hal ini bisa dilihat dari komponen cylinder head, yang terbuat dari besi tuang dan punya fungsi sebagai dudukan bagi mekanisme katup, hlow plug, dan injektor.

Katup atau Valve

Komponen dari machines used in construction yang satu ini terbuat dari material baja khusus alias special steel. Hal ini dikarenakan penggunaan dan kinerja katup yang sangat berkaitan dengan temperatur serta tekanan yang tinggi. Pada dasarnya, katup masuk memiliki standar ukuran yang lebih besar dibandingkan ukuran standar untuk katup buang.

Supaya katup dapat menutup dengan rapat pada dudukannya, permukaan sudut katup atau valve face angle-nya diatur pada kemiringan sudut 44,5 derajat atau 45,5 derajat.

Pegas Katup atau Valve Spring

Komponen valve spring atau pegas katup berfungsi sebagai bagian yang menutup katup. Pada umumnya, mesin hanya menggunakan satu pegas untuk menutup masing-masing katupnya. Meski demikian, ada juga jenis mesin yang menggunakan jenis dua pegas.

Penggunaan pegas dengan jarak pitch yang berbeda (atau uneven pitch spring) atau pegas ganda (double spring) dilakukan dengan tujuan untuk mencegah katup supaya tidak melayang. Katup melayang sendiri merupakan gerakan katup yang tidak sesuai dengan pergerakan cam ketika mesin memasuki perputaran yang tinggi.

Untuk pemasangan pegas yang punya jarak pitch berbeda dan bertipe asimetris dipasang dengan cara khusus, yaitu bagian yang dipasang di posisi atas dibuat lebih renggang, alias tidak kencang atau rapat. 

Nah, itulah penjelasan ringkas tentang apa saja komponen machines used in construction yang utama dalam mesin diesel. Oh iya, selain komponen mesin, mesin diesel juga memiliki sistem lainnya yang tak kalah penting dan menunjang kinerja dari mesin.

Sistem-sistem tersebut adalah sistem pelumasan, sistem pendinginan, sistem intake dan exhaust (pembuangan), sistem bahan bakar, serta sistem kelistrikan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now ButtonORDER NOW HERE
Shares